Contact Us

Use the form on the right to contact us.

         

123 Street Avenue, City Town, 99999

(123) 555-6789

email@address.com

 

You can set your address, phone number, email and site description in the settings tab.
Link to read me page with more information.

Blog

Biodata Peternak Focus Farm: Pak Ma’mur dan Ibu Eneng

Rida Akzar

20190717_113916-edit.jpg

“Kemampuan untuk bertahan dalam perjalanan bisnis sapi perah tidaklah mudah, dan ada masa-masa sangat

membutuhkan dukungan dan bimbingan dari pihak luar untuk mengembangkan usaha ke arah lebih baik”

Pak Ma'mur

Pak Ma'mur mengawali beternak sapi perah pada tahun 1999, yaitu saat mulai muncul ketertarikannya membantu bisnis peternakan milik orangtuanya. Akhirnya, dia pun melanjutkan bisnis tersebut dan menikmati semua proses yang terjadi. Dari tahun 1999, jumlah sapinya bertambah dari 2 ekor menjadi 10 ekor di tahun 2004, namun tak lama, masih di tahun 2004, banyak sapi dijual untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dengan jumlah tersisa hanya 2 ekor di kurun waktu 2004-2006, Pak Ma'mur beralih profesi menjadi tenaga paramedis di KPS Bogor, dan istrinya Ibu Eneng berwirausaha menjual peralatan bangunan.

“Karena jiwa kami ini jiwa peternak, saya berhenti menjadi paramedis di KPS Bogor dan fokus mengembangkan usaha ternak milik sendiri”, ungkap Pak Ma'mur. Pada akhir tahun 2006, Pak Ma'mur mulai kembali memelihara 3 ekor sapi siap IB. Lalu pada tahun 2008, dia memperoleh bantuan APBN berupa sapi 1 ekor. Pada tahun 2013, sapinya bertambah banyak hingga mencapai jumlah 14 ekor. Sehingga, keluarga ini pun pindah ke lokasi yang lebih luas namun masih dalam satu desa dan letaknya lebih dekat ke arah ke Gunung Salak, Bogor. Di sini, dia membentuk sebuah kelompok peternak bernama “Kelompok Mandiri Sejahtera”. Saat profil ini ditulis (tahun 2019), Pak Ma'mur memiliki sapi perah berjumlah 41 ekor.

  • Populasi ternak: 41

  • Jumlah sapi laktasi: 21

  • Jumlah sapi kering: 1

  • Pedet: 9

  • Betina muda: 10

  • Rata-rata produksi susu (liter/hari/ekor): 12

  • Lemak susu saat kunjungan: 3,9%

  • Protein susu atau TS saat kunjungan: 3,2%

  • Harga susu/liter: Rp. 5000

  • Nama Kelompok: Mandiri Sejahtera

Catatan: Kunjungan Juli 2019

Walaupun bisnis peternakannya terus berkembang, Pak Ma'mur masih menghadapi beberapa kendala, diantaranya terkait dengan rendahnya kemampuan karyawan atau tenaga kandang dalam merawat ternak-ternak, sehingga masih perlu pemantauan extra. Pak Ma'mur juga bercita-cita mengembangkan bisnis sapi perah agar mencakup hulu – hilir, akan tetapi dia menilai kurangnya kemampuan dalam menjual dan mendapatkan pasar dengan harga tinggi, termasuk kurangnya kemampuan dalam mendapatkan input berkualitas bagus, misalnya pakan ternak. Di masa depan, suami istri ini berharap bisa meningkatkan sistem bisnisnya dengan menggunakan hijauan yang lebih baik yang ditanam di lahan milik sendiri, memiliki manajemen peternakan yang bagus, usaha pengolahan produk susu, pengolahan limbah ternak, sekaligus juga pemasaran produk dan jasa melalui pembangunan AgroWisata di Desa Tajur Halang.

20190804_164108-edited.jpg

Masalah-masalah yang masih belum ada solusinya, tidak menjadi penghambat bagi Pak Ma'mur untuk mencari informasi dan menambah wawasan ataupun mengikuti pelatihan dalam mengembangkan usaha ternaknya. Pak Ma'mur dan Ibu Eneng tertarik berpartisipasi dalam kegiatan IndoDairy yaitu Focus Farm dengan harapan dapat belajar tentang bagaimana mengelola usaha peternakan sapi perah dengan lebih baik agar mencapai tujuan yang diidam-idamkan.

Download Farmer Profile (PDF)