Contact Us

Use the form on the right to contact us.

         

123 Street Avenue, City Town, 99999

(123) 555-6789

email@address.com

 

You can set your address, phone number, email and site description in the settings tab.
Link to read me page with more information.

Blog

Biodata Peternak Focus Farm: Pak Yunus dan Ibu Encih

Rida Akzar

20190716_071308 - editted.jpg

“Beternak sapi perah adalah sumber pemasukan sehari-hari yang berasal dari susu, juga menjadi tabungan di masa depan”

Ibu Encih

Usaha peternakan sapi perah yang saat ini ditekuni Pak Yunus merupakan warisan dari kedua orangtuanya dari tahun 1995 hingga 2004 di Desa Tajurhalang, Cijeruk. Jumlah sapi yang dipelihara saat itu berjumlah 13 ekor, namun pada tahun 2004 beberapa sapi dijual untuk modal membangun rumah dan untuk memenuhi keperluan rumah tangga lainnya. Pada tahun-tahun selanjutnya, jumlah sapi semakin menurun karena kejadian ternak mati mendadak dan juga untuk keperluan berobat salah satu anggota keluarga.

Ada suatu waktu, dimana tidak ada sapi di kandang, sehingga untuk memulai lagi usaha sapi perah Pak Yunus perlu dukungan besar dari keluarga. “Untuk memulai lagi usaha sapi perah ini, bisa dibilang mudah dan sulit”, ungkap Pak Yunus. Kesulitan dirasakan karena terkendala modal yang besar, sementara dirasakan mudah karena adanya pengalaman membantu orangtua beternak sapi perah.

Tergabung dalam kelompok peternak sapi perah binaan Kelompok Kania, Pak Yunus memulai usaha sapi perah pada tahun 2017 dengan memperoleh bantuan 1 ekor sapi betina bunting. Sampai saat ini sapinya berjumlah 3 ekor, terdiri dari 1 ekor sapi betina, 1 ekor sapi dara, dan 1 ekor pedet jantan.

  • Populasi ternak: 3

  • Jumlah sapi laktasi: 1

  • Pedet: 1

  • Betina muda: 1

  • Rata-rata produksi susu (liter/hari/ekor): 11

  • Lemak susu saat kunjungan: 3,6%

  • Protein susu atau TS saat kunjungan: 3,1%

  • Harga susu/liter: Rp. 5000

  • Nama Kelompok: Kania Group

Catatan: Kunjungan Juli 2019

Bersama Ibu Encih dan adiknya, Pak Yunus memulai kembali usaha sapi perah setelah tidak ada sapi di kandang. Hal ini adalah mimpinya untuk melanjutkan usaha beternak sapi seperti yang pernah dilakukan oleh Ayahnya untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga tabungan. Keinginan untuk semakin maju dan baik dalam beternak menjadikan Pak Yunus tertarik mengikuti kegiatan Focus Farm IndoDairy. Target usaha sapi perah yang diharapkan oleh Pak Yunus bersama Ibu Encih dan adiknya adalah, jumlah sapi yang ada dikandang bisa bertambah, dari 2 ekor induk menjadi 15 ekor induk. Jumlah 15 ekor ini menjadi target keberhasilan seperti saat orangtuanya dulu beternak. Target ini pula yang menjadi motivasi untuk lebih semangat dan maju dalam usaha beternak sapi perah.

20190716_065912.jpg

Walaupun telah memiliki pengalaman beternak sapi perah dari keterlibatan membantu ayahnya di waktu lalu, Pak Yunus tetap merasakan adanya kendala, termasuk tantangan jumlah ternak yang dipelihara hanya 3 ekor selama ini. Selain beternak, sumber pemasukan sehari-hari lebih banyak berasal dari usaha berjualan tanaman hias. Oleh karena itulah, dia berharap bisa menambah jumlah ternak sapi, mendapatkan tambahan modal dan meningkatkan kemampuan mengelola peternakan.

Harapan Pak Yunus beserta Ibu Encih dan adiknya mengikuti Focus Farm adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang tatalaksana pengelolaan peternakan yang baik, dan juga bertemu dengan para profesional untuk berbagi pengalaman dalam menjalankan usaha ternak, termasuk berbagi pengalaman dengan peternak lain untuk mencapai tujuan utama yang telah disebutkannya ketika memutuskan menjadi Focus Farmer.

Download Farmer Profile (PDF)